Rabu, 22 Maret 2017

Rajinlah Menolong Sesama





Hidup ini penuh dengan analogi analogi sederhana bagi siapa saja yang mau merenunginya. Banyak hal dan permisalan dalam renungan itu yang dapat dijadikan sebuah premis. Salah satunya adalah perihal tolong menolong antar sesama umat manusia.

Tentunya manusia kan punya berbagai macam karakter. Nah begitu pula dalam urusan tolong menolong, tidak semua orang yang hidup di dunia ini mempunyai karakter yang gemar menolong. Mungkin ada saja beberapa orang yang ketika dimintai tolong, enggan untuk menolong. Meskipun posisinya saat itu sedang dalam keadaan yang mampu untuk menolong.

Nah, setiap orang pasti pernah berdoa dan meminta tolong kepada Allah Tuhan yang Maha kuasa. Ketika kesulitan hidup melanda, ketika ketidakberdayaan menjerat jiwa raga, manusia cenderung mencari tuhannya dan berdoa memohon diringankan atas segala perkara. Lalu Allah pun menolong dan melapangkan urusan hamba-hamba sesuai kehendakNya. Akhirnya kita sebagai hamba ini merasa senang, bahagia, lapang dan hidup merasa damai ketika diberi pertolongan.

Tapi kemudian ketika ada orang yang meminta pertolongan kepada kita. Dengan pedenya enggan sama sekali untuk menolong. Kita memang bukan tuhan, tapi setidaknya tunjukanlah rasa syukur kita kepada Allah itu dengan menolong juga sesama umat manusia. Buatlah Allah senang, karena kita sudah bersyukur diberi pertolongan dengan membantu sesama manusia keluar dari kesulitan. Jadilah agen atau perantara Allah Swt. dalam menolong sesama. 

Wah alangkah sombongnya ya jika kita tidak pernah mau menolong sesama. Allah saja tanpa pilih kasih menolong hambaNya, tak peduli orang itu sering bermaksiat kepadaNya. Lha kita manusia fana ini kok sok-sok an tidak mau menolong sesama.

Mikirnya gini aja sih, bagaimana mungkin Allah akan senang menolong kita kalau kita saja enggan untuk menolong sesama. Mohon maaf nih, jangan heran jika banyak kita jumpai ada orang-orang yang merasa hidupnya selalu sulit kendati sering berdoa. Ya mungkin karena karena pelit menolong sesama, padahal menolong orang lain itu kan juga salah satu bentuk dari sedekah. 

Bukan bermaksud sombong, seringkali landasan niatku dalam membantu orang lain adalah karena Allah. Allah seringkali menolong dan mengeluarkan aku dari berbagai macam kesulitan setiap kali aku memohon. Jadinya ketika ada orang meminta pertolongan, aku jadi teringat bagaimana aku berada di posisi yang sulit. Oleh karena itu sebagai wujud syukurku atas pertolongan Allah itu, aku berupaya untuk menolong dan peduli terhadap sesama.

 Makanya itu ketika ada orang minta pertolongan, jika bisa kubantu ya pasti akan kubantu. Jika tidak punya daya apa boleh buat aku hanya bisa memanjatkan doa. Percayalah hidup akan tenang dan lapang jika kita sering menolong sesama. Dan pastinya setiap kita ada kesulitan, Allah pasti akan datang menolong kita malah hidup akan semakin mudah. Akan selalu datang rejeki dan kehidupan yang tidak terduga akibat menolong orang lain. Itu pasti, It’s real story.

Maka dari itu rajin-rajinlah terlibat dalam tolong menolong. Karena itu sama saja dengan menolong diri kita sendiri. Tentu saja dalam konteks ini adalah tolong menolong dalam kebaikan.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar