Rabu, 23 Agustus 2017

Resensi Buku : Mengaktifkan Alam Bawah Sadar Manusia






Penulis            : Darmanto, S.Psi                                    
Penerbit          : Tugu Publisher  -  Yogyakarta                                                                          
Halaman        :  212
Tahun             :  2012


Manusia ini adalah mahluk yang sangat istimewa. Ia diciptakan Allah SWT. sangat berbeda dan mulia dibandingkan mahluk lainnya. Salah satu keutamaan manusia adalah karena ia mempunyai akal budi atau yang bisa disebut dengan pikiran. Pikiran manusia yang dianugerahi oleh Tuhan memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih daripada komputer manapun. 

Namun sayang potensi otak dan pikiran manusia ini hanya sedikit orang saja yang dapat mengoptimalkannya lebih besar. Pikiran manusia dibagi menjadi dua yaitu pikiran sadar dan pikiran alam bawah sadar. Pikiran sadar adalah pikiran yang muncul dan terjadi saat kita terjaga. Misalnya saat aku menulis tulisan ini, sangat aku makan, membaca dan segala hal yang kulakukan secara sadar dan kupikirkan. Kebalikannya dengan Alam bawah sadar, ia merupakan pikiran yang dapat diakses ketika gelombang otak kita sedang berada di frekuensi yang rendah, yaitu disaat kita melamun, saat setengah tidur, atau saat kita tertidur pulas.

Alam bawah sadar inilah yang diklaim oleh para ilmuwan sebagai potensi gunung es dari pikiran manusia yang tersembunyi. Dikatatakan bahwa sekitar 88% potensi pikiran manusia sebagian besarnya berada di alam bawah sadar manusia. Alam bawah sadar memiliki segudang informasi  yang kita dapatkan sejak otak terbentuk di dalam rahim hingga kita sekarang ini. Bayangkan betapa banyak informasi itu tersimpan.

Mungkin kita sudah lupa sama sekali bagaimana kita dulu sewaktu kecil belajar berjalan, lupa bagaimana pertama kali kita melihat dunia, bahkan kita juga lupa bagaimana kita menangis ketika kita dilahirkan. Tak ada manusia yang tau itu. Tapi di alam bawah sadar, memori itu masih tersimpan. Hanya saja yang jadi masalah cara mengakses ke wilayah itu yang agak susah. Bahkan hampir dikatakan sangat sulit.

Tak cuma menyimpan informasi yang pernah kita alami. Alam bawah sadar juga mengatur gerak biologis semua organ yang ada di tubuh kita. Detak jantung, proses pencernaan, pernafasan dan segala hal dalam tubuh kita bergerak karena aturan dari alam bawah sadar.

Ada satu contoh yang menarik mengenai cara alam bawah sadar bekerja. Kita mungkin ingat saat pertama kali kita belajar naik sepeda, atau belajar mengendari sepeda motor. Mungkin saat pertama kali kita akan berpikir keras, bagaimana ini menyeimbangkannya agar tidak jatuh, bagaimana menginjak rem, bagaimana mengurangi transmisi gear pada motor. Tentu kita pada awalnya dengan tekun memperhatikan semuanya. Karena saking kacaunya pikiran kita akhirnya kita pun jatuh. Tapi ketika hal itu sudah menjadi kebiasaan, keahlian berkendaraan itu sudah tidak lagi menjadi perhatian kita. Sudah tidak perlu repot lagi memperhatikan letak rem, cara mentransmisikan gear. 

Disinilah alam bawah sadar mulai mengambil perannya. Tanpa alam bawah sadar mungkin kita selamanya akan terus melihat letak rem dan letak pedal gigi setiap kali berkendara. Bahkan Cuma itu, berkat alam bawah sadar, kita  pun bisa melakukan multitasking di sambil berkendaraan. Kadang kita bisa sambil ngobrol saat menyetir, sambil dengar musik, sambil berhkhayal, sambil merokok dan adapula yang berkendara sambil main handphone.

Tapi jauh diatas itu semua, Alam bawah sadar bermanfaat  menyimpan segala jawaban atas berbagai macam persoalan yang melanda hidup kita. Intuisi, impian, imajinasi, ilham, inspirasi dan segalanya merupakan produk alam bawah sadar yang sangat membantu kehidupan kita. Manusia jaman modern ini seringkali dihadapankan pada berbagai macam problema hidup. Mudahnya orang mengalami stress, tekanan batin, sakit mental dan sebagainya merupakan bukti bahwa manusia juga membutuhkan pengobatan terhadap pikirannya. Namun hanya alam bawah sadarlah yang mampu melakukan itu semua.

Lantas bagaimana cara mengakses alam bawah sadar itu. Melalui buku Mengaktifkan Alam Bawah Sadar Manusia yang ditulis oleh Darmanto, S.Psi ini ia membeberkan sedikit cara agar kita bisa masuk ke alam bawah sadar. 

Apa yang disampaikan dalam buku ini sebenarnya lebih kepada pengenalan akan potensi alam bawah sadar. Namun untuk cara mengaktifkannya, di buku ini penulis lebih banyak menganjurkan kepada pembaca untuk berkonsultasi dan mendatangi seorang ahli hipnoterapis. Dalam salah satu bab aku sedikit tertarik dengan konsep kerja alam bawah sadar yang dikatakan penulis. Disitu ia mengatakan bahwa hal yang paling penting untuk mewujudkan impian adalah dengan membayangkan, dirasakan, diucapkan dan dilakukan secara berulang. Konsep yang sangat mirip dengan konsep law attraction.

Selain memuat tentang informasi mengenai manfaat alam bawah sadar, buku ini juga memuat tentan informasi dan motivasi tentang impian. Disini tampaknya penulis tidak lagi membahas tentang cara kerja alam bawah sadar yang supranatural. Tapi di bagian ini penulis lebih menekankan motivasi kepada pembaca. Tema motivasi yang diberikan kurang lebih sama dengan motivasi tentang impian yang banyak kita dengar dan kita baca.

Meskipun buku ini hanya menunjukkan sedikit cara untuk menuju alam bawah sadar. Tak seperti yang dikatakan oleh judulnya. Tapi setidaknya buku ini berisi tentang informasi penting mengenai adanya alam bawah sadar. Sehingga kita menjadi peduli dan sadar akan keberadaan pikiran yang penuh potensi ini. Diharapkan dengan self meditation atau dengan bantuan ahli hipnoterapis kita dapat menggali potensi di pikiran bawah sadar. Dan ditambah pula dengan tulisan-tulisan tentang impian di buku ini yang mudah-mudahan dapat mensugesti otak dan meresap ke alam bawah sadar. Lalu pada akhirnya akan dapat mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik.  Salah satu buku yang cukup bagus.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar